Rabu, 25 April 2012

Pendampingan SMK di SMK Negeri 1 Robatal Part 1

Aku pengen sedikit menulis tentang pengalamanku. Sedikit perkenalan saja, namaku Fida. Aku anak pertama dari 2 bersaudara. Orang tuaku tinggal di Bojonegoro, Jawa Timur dan sekarang aku dan adekku mencoba mengadu nasib di Kota Surabaya. Inilah salah satu pengalamanku yang nggak lama juga. Pengalamanku ngajar selama 5 bulan di SMK baru dengan semuanya serba baru BAGIKU.


Kabar bahagia sekaligus membingungkan dan sedikit mulai berfikir masa depan. Itulah yang ku alami setelah aku dinyatakan lulus oleh pihak Fakultas Teknik UNESA. Pertanyaan yang ada dibenakku dan mungkin dialami oleh mahasiswa laennya juga waktu itu antara lain:
  • Setelah lulus NGAPAEN???
  • KERJA dimana ???
  • PERUSAHAAN ato SEKOLAH mana ya, yang mau menerimaku???
  • Enaknya PULANG KAMPUNG ato MERANTAU ya???

Hal ini pasti semua merasakannya!
Mencari arah yang mana kan dituju. Menimbang-nimbang segala tawaran dan saran dari segala penjuru. Membuka dan mencoret-coret koran harian dan mulai berlangganan koran tiap akhir pekan.










Waktu itu t'seburuk yang aku bayangkan. Sebelum lulus aku sudah mengajar di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Lumayan ada kesibukan pasca yudisium, walopun belom punya ijazah waktu itu. Ah, setidaknya hal ini dialami juga oleh beberapa temanku. Mereka belom lulus tapi dah bisa ikut training di salah satu perusahaan AKI di daerah Krian (klo gak salah nie... :)).
Ngajar di sekolah baru dengan berinteraksi di dunia pendidikan dan bertemu dengan guru-guru yang berbagai karakter belom pernah kubanyangkan. Ah... cukup melelahkan. Slain tu juga, jarak sekolah dengan kos2anku yang membutuhkan waktu 50 menit. Oh tidaaaaaaak.....!
http://roomsofaheart.blogspot.com/2011/04/tuitionoh-tidak.html

Untung aja aku dah lulus ospek oleh teman2ku dewe. Hal ini gak jadi masalah yang urgent buatku. Toh, tambah wawasan dan pengobat kangenku dengan tman2ku yang suka touring dan adventure ke gunung2 gitu. Lumayanlah..... ;) yang penting enjoy aja....! Hehehe


Aku typecal orang yang gampang bosan dan selalu pengen sesuatu yang baru. Akhirnya aku mencoba untuk daftar pada program pendampingan SMK Jawa Timur-Jambi. Yaaah.... pengene waktu itu aku ke Jambi. Tapi... berhubung aku dah ngajar sebelumnya di SMK Labang akhirnya aku mengurungkan niatku itu. Aku mencari sekolah yang deket dengan tempat ngajarku. Tapi ternyata tak ada sekolah yang deket dengan Labang. Mo gak mo aku ambil tmpat di Sampang. Tempat kelahiranku, wlo sbenere sangat jauh dari rumah ibuku. Hehehe...

( Bingung ya..??? Aku dewe yo bingung klo mo ngejelasin. Sekilas info aja, gini nie.... Ibuku asli orang Madura, Sampang. Aku n adekku kelahiran Sampang tapi udah lama di Bojonegoro. Malah kita jarang ke Madura, ya akhir2 ni ketika aku kuliah semester 5  kadang2 maen k Madura, rumah kakek nenek dari ibuku. Klo rumah kakek nenek dari bapakku di Yogja sono. Ngerti ya... SEMOGA ;)


3 hari aku harus mengikuti seminar dari Fakultas. Ah... untung aja gk bentrok dengan jam ngajarku di Labang. Waktu ku tanda tangan gak da feeling apa2 waktu itu. Paling2 tempatnya sama kayak sekolahku yang di Labang. Aku memang jarang komunikasi dengan teman cwe. Paling2 dengan teman 1 asrama/pacare teman2ku. Eh... lha kok ni aku harus berpartner dengan anak PKK cwe pisan. Hadech..... 
Cwe tu namanya Sofia. Sekedar perkenalan dan mang dasare aku orange cuek yo byasa ae. Kita sempet janjian hanya untuk kontak berangkat ke SMK di Sampang itu. Waktu aku liat tu, namaku da di kolom paling bawah sendiri dengan nama SMKnya adalah SMK Negeri 1 Robatal Sampang. (buseeeeet... mburi dewe ternyata ).


Aku d sms ma sofia. Katanya dia mo berangkat ma ortunya. Yo wezlah... aku berangkat dewe naik motor jawabku. Pagi2 bener aku berangkat dari kosku, pas jam 5 dan sampai di rumah nenekku jam 7. Baru masuk rumah nenekku, hp ku berdering ternyata ada sms dari sofia
" q dah nympek d tanah merah"
q blas sms dy " q bru pek rumh ne2kq"
Beberapa menit kemudian hpku berbunyi eh teryta sofia sms aku
"pean dmn??? aku dah sampai di blega"
"ok. ktemu d skolah ya"
Hadech.... cek cepete....??? Akhirnya aku lagsung meluncur ke Sampang. Dy kan naik mobil, lha aku naek motor bisa2 gk nututi ntar aku. Tanpa banyak bicara, aku tnya arah2 mo k Robatal k Saudarane kakekku. Tau arah2nya, langsung q tancap gas. Sebelumya sih aku searching dulu di mbah google. hahahaha.....


Keluar dari gang masuk jalan rumahe nenekku, rasanya htiku lego. Akhirnya aku kembali ke jalan yg benar (jalan raya). Rumahe nenekku mueeeeeeeeeeeenciiiiiiiiil puooooooooooooollll hehehehe PDne. Aku lurus saja, tepat sampai di Sampang aku berhenti di pos polisi untuk memastikan jalanku benar/gak. Setelah bertanya dengan pak polisi, aku langsung tancap gas ambil belok kiri dan lurus aja. Aku bener2 terkejut waktu itu. Jalan yang harus aku tempuh sangat lama dan berkelok-kelok sama dengan jalan yang aku lewati bersama teman2ku ktika kita touring dan adventure ke gunung. Sangat melelahkan tapi sangat mengasyikkan. Jalannya sangat menantang dan penuh lubang2 dsana sini. Oh..... istimewa.


Beberapa kali sempat aku berhenti untuk menanyakan SMK Negeri 1 Robatal itu. Huuuuuh.... jawaban yang  aku dapatkan adalah
"kurang dikit kok mbak, ini luruuuuuuuuuuuus saja kurang 7 km lagi" (pake logat madura mereka)
Sedikit bernafas panjang waktu itu. Setelah sekian lama eh ternyata masih 7 km. Tancap gas lagi dan ku perhatikan km di sepedaku. tpat di 7 km qberhnti dan bertya ma orang lagi. Adanya malah gak ngerti bahasaku, akhirnya ku cari orang yang bisa mengerti bahasa manusia seperti aku ini.
"Aduh.... masih jauh mbak, ni sampean luruuuuuuuuus aja mbk sampe da kantor polisi"
Apa?????????
Yang bener aja pak??? Tadi bilang kurang 7 km eh sekarang bilang masih jauh. Ah... Robatal2 dimana cih kamu itu.???? Sempet bikin ak benar2 frustasi saat itu. (Baru kali ini gue merasakan stress di pinggir jalan, byasane touring2 it's far it's good dech...)
Akhire ku tancap gas dan sampai d kantor polisi. Aku ambil jalur kanan pemandangan yg bgus tpi aku dah merasa lelah sehingga tak bisa ku nikmati pemandangan itu. Eh, masih ada acara kesasar pisan. Hadech.... Nasib.... Nasib....
Akhirnya aku puter balik dan ku pandangi terus dengan saksama sebelah kananku. Dan ku melihat sosok sekolah di atas lahan yang tinggi dengan tembok yang mencolok warna kuning. Dalam hati kecilku waktu itu, "Akhirnya ku menemukanmu" (Lego rasane atiku...).

Ku parkir sepeda motorku pas bareng dengan mobil rombongane sofia datang. Ketika itu kami disambut dengan hangat oleh Pak Hadi. (guru agama di SMK Negeri 1 Robatal. Awale aku kira kepala sekolah. Hehehe.... Sorry.... ;)

Bertemu dengan Drs. Irijanto selaku Kepala SMK Negeri 1 Robatal Sampang
Setelah berbincang-bincang cukup panjang, lebar dan tinggi dengan kepala sekolah dan waka kurikulum, akhirnya kami berkeliling sekolah ditemani oleh bag. TU sekolah namanya Pak Har.Inilah keadaan SMK Negeri 1 Robatal Sampang.
SMK N 1 Robatal, Sampang, Madura
Dan inilah keadaan kelas-kelas yang kami jumpai saat itu. Di teriknya mentari kami tetep menelusuri sekolah itu. (Hahaha... gue gak ngebayangin betapa kusemnya saat itu, but itulah perjalanan).









Keadaan di dalam sekolah ketika siang hari
Ruang Praktik TKR

Parkir siswa yang terletak di dalam sekolah

Ruang kelas X TKR

Mesin Obras TB

Mesin Jahit TB
Yang ada dibenakku waktu itu, It's MAGIC!!!!
Alloh milihin tempat yg pnuh tantangan gini...??
Tempat Gunung, Nuansa Gunung, Ngajar + Adventure ki ceritane. Hahahaha

Ternyta masih ada sekolah kecamtan yg sperti ini ya...???
Belom terllu byak pertnyaan d benakku. Cuma waktu tu bingug dg keadaane partnerq, SOFIA. Tampang sech ank2 pingitan (Hehehe.... Peace beb....)

Dy btuh kos, klo q mah mikir2 dlu. Masih nyantailah.... ngatur2 dlu. (Gue kan slalu dtemeni ma cinta pertama gue Si Vega Silver, so tinang2 sajelah....

Waktu tu ngelobby Kepsek n Kurikulum bahwa jadwal ngajar hari senin,selasa n jum'at. Dg alasan ak ngjar jg d Labang, Bangkalan. Alhasil It's The Best. Lobiying yg gk alot kyak di kampus dlu. Semua berjlan HAMPIR SEMPURNA. Akan sempurna lgi klo wktu tu bsa ktemu ma Kaprodi TKR. Enak bsa FIK langsung. By the way, not bad. walo ngajar materi pa2 blom jelas sech....! sedikit kcewa gue coz gak ktemu Kaprodinya. HHuuuufffttt........

Ak pamitan ma pihak sekolah dan akan masuk lagi tpat tgl 3 Oktober. Coz gue mo wisuda dlu dunk.... Hahaha...

Begitulah ekspedisi pertama gue di SMK N 1 Robatal. Pengen tau Ekspedisi gue laennya di SMK ini, apa ja yg gue lakukan. Tunggu ya Edisi selanjutnya. Gue lagi byak tugas soale. Bagi pembaca2 setia, baik teman2, siswa dan guru2 yg lain MUNGKIN yg setian membaca CELOTEHAN gue n menunggu CELOTEHAN EKSPEDISI gue selanjutnya. SABAR.....

Gue sedang menyusun unt slanjutnya. Hahahaha
(Perasaan kok gue-gue terus dr tadi, wah ketularan Si Indra -Sikumannakal ni. Hahaha)

See u next edition......
Siiiiiiiiiiiiip!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar